BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Paradigma baru pendidikan terus bergeser dengan bergulirnya era global dan era otonomi daer...
BAB 1
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Paradigma baru pendidikan terus bergeser dengan bergulirnya era global dan era otonomi daerah. Hal ini telah mempengaruhi berbagai aspek pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan. Kemampuan manajemen dan profesionaliisme pengelola pendidikan mulai dipertanyakan karena adanya indikator bahwa mutu pendidikan belum meningkat secara signifikan. Sektor pendidikan merupakan salah satu faktor yang cukup strategis dalam rangka pengelolaan sumber daya manusia, guna menghasilkan sumber daya yang bermutu, agar siap menghadapi segala macam tantangan dalam persaingan global. Dalam sistem pendidikan, sekolah merupakan ujung tombak dan paling menentukan untuk mencapai keberhasilan tujuan yang diharapkan. Beberapa indikator esensial yang sangat menentukan mutu sekolah antara lain: siswa, kurikulum, sarana prasarana, tenaga kependidikan, pengelolaan atau manajemen dan lingkungan. (Fuad Hasan, 1988).
Tujuan utama organisasi kurikulum ini ialah mengembangkan kapasitas belajar untuk meguasai fakta, konsep, prinsip yang terdapat dalam mata pelajaran. Dengan demikian, spesialisasi yang merupakan ciri utama organisasi kurikulum ini sangat relative sifatnya, sebab penguraian mata pelajaran yang sedemikian terperinci hanya dapat dilakukan pada tingkat pendidikan tinggi atau dalam suatu universitas. Maka dari itu pentingnya pembentukan kurikulum organisasi dalam komponen.
B. Rumusan Masalah
1. Apa saja macam-macam desain kurikulum menurut para ahli?
2. Apakah pengertian desain kurikulum disiplin ilmu, desain kurikulum berorientasi pada masyarakat, desain kurikulum berorientasi pada siswa dan desain kurikulum teknologi ?
